Tahu Asal Minimalis Desain Interior

Prestige desain interior minimalis seakan tak pernah redup. Selain itu, dengan segala keterbatasan yang ada, baik tanah dan anggaran, desain interior minimalis selalu menjadi andalan dalam penataan hunian.

Di tengah popularitasnya, semakin banyak disalahartikan memahami desain interior minimalis, terutama mengenai praktek yang hanya dapat diterapkan pada hunian kecil. Bahkan, desain interior minimalis terinspirasi dari sebuah sekolah seni yang disebut minimalis itu tidak membuat ukuran sebagai dasar untuk penerapannya.

Tahu Asal Minimalis Desain Interior - source dekoruma.com
Tahu Asal Minimalis Desain Interior – source dekoruma.com

Tahu Asal Minimalis Desain Interior

Minimalis di berbagai bidang, mulai dari seni untuk merancang, diadopsi sebagai prinsip daripada prestasi visual. Prinsip minimalis dalam desain interior minimalis menekankan penggunaan komponen penting demi estetika dan fungsi, terlepas dari bagaimana media besar dan kecil yang digunakan.

Ketika berbicara tentang yang berasal desain interior minimalis, maka pencarian dimulai dengan pemikiran dan pekerjaan yang mempengaruhi aliran minimalis itu sendiri.

Desain interior minimalis berasal dari aplikasi arsitektur rumah minimalis. Pada awal abad ke-20, arsitek Jerman Ludwig Mies van der Rohe mempelopori penggunaan prinsip-prinsip minimalis dalam arsitektur. prinsip minimalis yang terinspirasi desain interior minimalis mengandung banyak elemen dalam gerakan seni De Stijl (1917), seperti penggunaan bentuk-bentuk geometris, yaitu dalam bentuk garis dan empat persegi panjang, dan warna-warna netral.

Selain itu, desain bangunan yang dirancang van der Rohe tidak banyak untuk menunjukkan struktur yang rumit. Dia sering mengurangi ukuran massa bangunan dan menggunakan material modern terbuat dari besi, semen, dan kaca. Hal ini diterapkan untuk mendapatkan desain bangunan yang efisien, namun fungsional dan melakukan estetika.

Tidak terbatas pada desain interior minimalis, pengaruh prinsip-prinsip minimalis di bidang arsitektur dan seni menjadi lebih luas melalui gerakan seni Bauhaus di Eropa pada tahun 1920. Desain interior minimalis kemudian berkembang sampai abad ke-20 pertengahan. Istilah “kurang lebih” yang menjadi minimalis andalan jargon dan prinsip-prinsip desain interior minimalis mulai diakui secara luas. 1960-1970 tahun menandai gerakan minimalis menguasai sektor seni di Eropa dan Amerika.

Jadi, keberhasilan prinsip minimalis desain interior minimalis membuatnya menjadi bagian dari prinsip-prinsip yang beradab dan berkehidupan. Minimalis tidak hanya dapat diterapkan dalam berbagai bidang seni dan ilmu pengetahuan praktis, tetapi juga aplikatif diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, lebih dari sekedar menerapkan desain interior minimalis hanya perumahan. Bahkan, hasil penelitian yang dilakukan Cedric VanEenoo dari University of Technology Sydney mengatakan minimalis memiliki pengaruh yang kuat pada kesejahteraan seseorang.

Beberapa waktu lalu, serial membersihkan rumah yang diselenggarakan oleh Marie Kondo bisa menarik banyak perhatian. Kondo KonMari memperkenalkan metode menekankan pada penggunaan barang-barang yang paling dibutuhkan dan meninggalkan barang-barang yang tidak lagi memberikan nilai kehidupan.

Metode sejalan dengan penerapan prinsip-prinsip yang diterapkan pada interior minimalis desain minimalis. Kondo tidak mengacu pada nilai-nilai yang terkandung dalam konsep Zen Living, seperti ma atau kekosongan ruang, seijaku yang mengacu pada keheningan atau ketenangan dan wabi sabi menyatakan keindahan dalam ketidaksempurnaan selama ada yang cukup. Pada prinsipnya, filsafat yang merupakan salah satu akar dari sungai yang terinspirasi minimalis desain interior minimalis.

Perkembangan filosofi Zen pada tahun 1980 menanggapi pertumbuhan penduduk melonjak secara dramatis, serta urbanisasi besar-besaran di Jepang. Tanah segera ramai bangunan perumahan dan gedung tinggi. Perkembangan sektor industri dan teknologi juga semakin mempercepat laju modernisasi. Keseimbangan dan kesederhanaan yang ditawarkan filosofi Zen hadir sebagai solusi untuk mengatasi senonoh kehidupan perkotaan modern yang diakomodasi oleh desain interior minimalis.

Nilai berusaha untuk mencapai dari filosofi Zen seperti kenyamanan, daya tahan, dan harmonisasi memberikan pengaruh yang lebih untuk para desainer interior ketika menerapkan desain interior minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *